Thursday, September 9, 2010

Penyakitku hari ini!


Sungguh menyedihkan memang melihat judul postingan saya hari ini, "penyakitku hari ini!"?? http://www.emocutez.com Penyakit adalah sesuatu yang paling tidak disukai oleh setiap orang. Dan Kesehatan merupakan harta paling berharga dan anugerah terindah dari Tuhan, dan setiap orang pasti akan berusaha semampunya untuk menjaga kestabilan kondisi tubuhnya. Tapi hari ini, saya gagal melakukannya http://www.emocutez.com.
Sejak kemarin saya menderita sakit kepala. Rasanya terdengar sepele memang kalau hanya sekedar sakit kepala, tapi kalau boleh jujur sakit kepala kali ini benar-benar membuatku tidak bisa beraktifitas dengan baik. Dari kemarin hingga sekarang sakit kepala itu bukannya menghilang, bahkan semakin kuat saya rasakan http://www.emocutez.com. Saya yang biasanya tetap memaksakan diri untuk keluar rumah meski sakit, tapi kali ini saya terpaksa membatalkan rencana saya ikut rapat bersama teman-teman saya dari UKM Kristen. Yah, mungkin bagi sahabat itu sudah sewajarnya, tapi bagi saya yang terbiasa memaksakan diri beraktifitas dalam kondisi apapun, terlebih saat saya sudah memiliki planning, sangat menyebalkan jika hanya gara-gara penyakit ringan saja saya harus beristirahat dirumah http://www.emocutez.com. Pulang kerja, saya langsung mencoba beristirahat sambil membaca komik Conan berharap bisa langsung tertidur. Sekitar jam 8 malam saya tertidur, hingga saya tiba-tiba terbangun jam 1 malam karena kram kaki yang luar biasa sakitnya http://www.emocutez.com. Benar-benar membuat saya tidak bisa tertidur dengan pulas. Rasanya benar-benar menyakitkan, malam itu kram kaki yang saya rasakan luar biasa sakitnya hingga saya hampir menangis. Namun akhirnya saya usahakan untuk menahannya dan mencoba tidur kembali karena biasanya sakit itu akan hilang dengan sendirinya saat terbangun di pagi hari. Tak disangka, ternyata sakit itu tak kunjung hilang. Saat saya mencoba bangun dari tempat tidur, kaki saya langsung beraksi cepat membuat saya hampir terjatuh, entah kenapa kram kali ini sungguh menyakitkan, hingga membuat saya tidak bisa berjalan dengan baik http://www.emocutez.com. Sampai sekarang sakit itu masih saya tahan sambil berharap sakit ini akan hilang dengan sendirinya.  Selama masih stay di kantor, saya coba searching mengenai sakit kepala dan kram kaki yang saya alami, dan berikut ini beberapa penyebabnya.
Penyebab sakit kepala; 
  1. Ketegangan emosional : Beban pekerjaan yang terlalu berat sering sekali memicu rasa nyut nyut di kepala.
  2. Perubahan Hormonal : Sakit kepala yang diakibakan karena perubahan hormonal ini biasanya berupa sakit kepala berat yang terjadi di salah satu sisi kepala.  
  3. Udara Panas : Kenaikan suhu udara seringkali menyebabkan timbulnya migren atau sakit kepala berat.
  4. Aroma yang terlalu kuat : Aroma bau yang kuat, bahkan yang wangi, umumnya menyebabkan kepala pusing.
  5. Aksesori Rambut : Cara kita memperlakukan rambut bisa berpengaruh kepada kepala.
  6. Olahraga : Olahraga yang terlalu berat, termasuk juga hubungan seks, juga bisa menyebabkan sakit kepala.
  7. Postur Tubuh : Sebut saja kebiasaan duduk dengan posisi bahu membungkuk, duduk tanpa sandaran, menatap monitor komputer yang posisinya terlalu tinggi atau rendah, atau mengapit telepon antara kuping dan pundak.
  8. Trauma : Sakit kepala Ini sering muncul sebagai dampak dari suatu kecelakaan, meski hanya terjadi sedikit cedera di kepala.
  9. Keju : Pemicu sakit kepala sebelah, alias migren, yang paling sering adalah keju, termasuk cheddar, blue cheese, mozzarella dan parmesan. Penyebabnya adalah tyramine, yang terbentuk dari protein yang sudah dipecah, yang ada dalam keju. 
  10. Red Wine
  11. Melewatkan Makan Siang
  12. Alergi
  13. Rokok
  14. Kafein
  15. Sinus Sakit kepala sinus memiliki gangguan yang mudah diketahui dari gejalanya. Lubang hidung tertutup satu atau keduanya dan nyeri meluas ke atas pipi dan dahi. Bagian-bagian tersebut terasa sangat peka sehingga disentuh saja akan kontan terasa nyeri
Dan setelah saya analisis, sepertinya penyebab sakit kepala ini ada pada nomor 1, 7, dan 14.
Sedangkan penyebab kaki kram masih belum diketahui alias masih misteri.
Kram kaki itu sendiri adalah nyeri akibat spasme otot di kaki yang timbul karena otot berkontraksi terlalu keras. Daerah yang paling sering Kram adalah otot betis di bawah dan belakang lutut. Nyeri kram dapat berlangsung beberapa detik hingga menit dengan keparahan bervariasi.
Kram kaki di malam hari kemungkinan terjadi karena kerja otot kaki yang berlebih karena aktivitas berat sebelumnya. Faktor lain yang ikut memicunya adalah kelainan struktur kaki (kaki rata, misalnya), yang membuat kram lebih sering terjadi.
Jika saat tidur, kaki berada di atas tidur yang keras, kemungkinan terjadinya kram makin besar. Pasalnya, alas yang keras itu menimbulkan efek penekanan lokal pada kaki. Kaki yang tertekan akhirnya berada pada kondisi hipoksia, yaitu kekurangan suplai oksigen yang terjadi karena tidak lancarnya aliran darah. Seperti yang telah di ketahui, salah satu fungsi darah adalah mengikat oksigen untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Karena itu, kram kaki-teutama di sekitar betis-juga dapat tejadi lantaran duduk terlalu lama, atau karena posisi kaki yang keliru saat berdiam lama.
Selain itu, hawa dingin juga di ketahui memicu kram kaki di malam hari. Pasalnya, hawa dingin membuat pembuluh darah menyempit (vasokonstriksi). Sehingga, aliran darah di kaki terganggu.
Beberapa penyakit teertentu pun di percaya merupakan pemicu semacan ini, misalnya, kencing manis (diabetes millitus), parkinson, hypoglycemia (kadar gula dalam darah terlalu rendah), anemia, kelainan kelenjar tiroid (kelenjar gondok), dan kelainan kelenjar endokrin.
Penyakit dan kelainan hormonal tersebut pada dasarnya dapat membentuk keadaan hipoksia. Kencing manis tahap lanjut, misalnya, menimbulkan kerusakan pembuluh darah dan membuat aliran darah tidak lancar. Contoh lain, anemia membuat jumlah okdigen yang diikat dalam darah menurun. Karena, hemoglobin yang bertugas mengikat darah juga berkurang.
Rendahnya kadar beberapa mineral seperti magnesium, potasium, kalsium, dan sodium pun telah lama dihubungkan dengan masalah kram kaki di malam hari. Para pelari maraton yang telah berlari sejauh puluhan km, misalnya, sering mengalami dehidrasi dan kekurangan mineral seperti yang baru saja tersebut. Akibatnya, mereka cenderung terkena kram kaki saat tidur.

Multivitamin B Dapat Mengurangi Kram
Otot merupakan jaringan paling enerjik. Otot memerlukan vitamin vitamin esensial ini untuk memperbaiki dan membangun kembali sel-selnya serta membantu mencegah kram.vitamin B terbukti dapat membantu fungsi syaraf dan mengontol rasa nyeri yang disalurkan oleh saraf. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Pharmacology tahun 1998 menunjukkan bahwa 86% dari orang berusia tua yang diberi suplemen multivitamin B mengalami penurunan kejadian kram.
Dosis yang dianjurkan adalah minimum 50mg tiamin, 250mg B12, 30mg B6, dan 5mg B2 per dosis harian. Multivitamin B bisa diperoleh dari sumber makanan sehari-hari seperti polong-polongan, daging merah, daging ayam, dan sayur.
Vitamin E dengan dosis 300 IU perhari dapat mengurangi kram di malam hari. Vitamin E terdapat pada kacang almond dan biji bunga matahari serta gandum.
Semoga penyakit yang saya alami ini tidak sahabat rasakan yah, karena kita semua berharap selalu dalam kondisi sehat http://www.emocutez.com.

Selamat beraktifitas sobat,
Salam hangat sobat blogger.

2 comments:

  1. Willyo Alsyah N gubuk blekenyak mengucapkan Selamat Idul Fitri 1431 H, mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete