Bahan UTS kali ini kami dimulai dari Chapter 11, 12, dan 13
So, berikut catatan saya yang cukup acak-acakan.
CHAPTER 11
STRATEGIC COST MANAGEMENT
3 General Strategies:
- Cost Leadership; memimpin di bidang cost (cost terendah, cth: hypermart)
- Product Differentiation ; product dengan kualitas dan brand tersendiri/ unik (cth: iPad, Apple)
- Focusing ; menentukan segmen pasar tertentu yang akan dimasuki dan fokus hanya pada segmen tersebut.
♥ Industri Value Chain ; yaitu serangkaian aktivitas dimulai dari produk tersebut dibuat hingga produk tersebut tidak dipakai lagi oleh customer.
♥ 2 Types of Linkages : 1) Internal: dalam perusahaan 2) External: cusstomer dan supplier
♥ Activities: 1) Organizational Activity (struktural act. ; executional act.) 2) Operational Activity
Cost Management : untuk meminimalkan (me-reduce) biaya, tidak untuk menghilangkan/menghapus cost.
Reduce cost dengan External Linkages (Supplier dan Customer)
Cth di EXHIBIT 11-8 : pengaruh dari produk gagal dan keterlambatan oleh supplier yang mempengaruhi aktivitas internal (reworking dan expediting)
- Component Failure: masalah dari external berakibat ke internal
- Process Failure: masalah dari internal
♥ Cost Reduction (Exhibit 11-13)
- Functional Based Costing: menghitung cost berdasarkan unit yang diproduksi, driver yang digunakan hanya DM, DL, dan OH (Manufacturing Cost)
- Activity Based Costing: perhitungan unit cost berdasarkan masing-masing aktivitas yang dilakukan
- mereduce cost dengan menghilangkan post purchase cost (cost yang ditanggung meski peroduct sudah sampai ditangan customer/ warranty)
- mereduce cost dengan menganalisis driver mana yang sebaiknya dihilangkan/ dihapus.
♥ Three Cost Reduction Methods
- Reverse Engineering: me-redesign product dengan mencari metode mana yang dapat mereduce cost
- Value Analysis: melihat aktivitas mana yang benar-benar dibutuhkan dan aktivitas mana yang tidak dibutuhkan dalam sistem produksi
- Process Improvement: melakukan perubahan untuk perbaikan product.
Target costing Model ; target costing = target price-target profit
JIT and Effect on CM System
♥ JIT
- Pull Through System: mulai produksi jika ada orderan
- Total Quality Qontrol: benar-benar memperhatikan kualitas produk agar sesuai dengan yang sudah ditentukan (menolak deffect product)
- Value Chan Focus: fokus pada rantai nilai
♥ Traditional
- Push Through System: terus memproduksi meski tidak ada orderan
- Acceptable Quality Control: masih dapat menerima kualitas yang mungkin dibawah standard
- Value Added Focus: hanya fokus pada pertambahan nilai/ fungsi setiap perpindahan departemen
0 komentar:
Post a Comment