Wednesday, December 22, 2010

Happy Mother's Day

Maaf ma, monica tak bisa memberi apa-apa. Hanya ucapan ini yang bisa monica kirim dari tanah rantau. Mungkin saat esok monica pulang. monica akan bawa sedikit oleh-oleh berupa senyum. Ya, mungkin hanya senyum. Karna anakmu ini sampai saat ini belum bisa punya apa-apa. Hampir dua tahun di tanah rantau, hanya sedikit yang monica punya. Baju baru pun hanya beberapa. Bahkan mama yang membelikannya untukku.

Maaf ma, mungkin baru kali ini monica ucapkan selamat hari ibu. Ini pun hanya lewat tulisan diblog monica. Bahkan sama sekali tak terdengar olehmu. Jangan harap monica mengirim paket berupa kado dan hadiah dari tanah rantau ini. Maaf ma, monica belum bisa. Monica belum punya apa-apa. Mungkin hanya bibir yang kelu ini yang bisa menjawab semua. Mungkin hanya mata sembab ini yang bisa jadi pengantar pesan. Bahwa monica mencintaimu.

Maaf ma, mungkin banyak harapan yang belum bisa monica wujudkan untukmu. Bahkan mungkin, yang monica wujudkan selama ini adalah beban moral dan kekecewaan. Sedikit mungkin yang bisa kau banggakan dari monica yang hidup di tanah rantau ini. Maaf ma, mungkin saat monica pulang esok, monica hanya akan merepotkan dan menambah beban di ember cucian. Tapi monica janji ma, mulai sekarang monica akan menjadi anak baik di tanah rantau.

Maaf ma, harapanmu punya cucu pun belum bisa monica wujudkan. Monica saat ini masih harus berjuang untuk membalas jasa-jasamu meski monica tahu itu tidak akan pernah bisa lunas. Tapi monica janji ma, kelak monica pasti menemukan pasangan hidup yang sesuai, yang takut akan Tuhan, dan terutama mencintai mama juga.

Terima kasih ma, sudah ajarkan monica ribuan ilmu melebihi apa yang monica pelajari di sekolah. Tak akan monica lupa ilmu pengorbanan yang kau ajarkan. Pengorbanan yang tampak dari kerut hitam dibawah kelopak matamu. Pengorbanan yang tampak dari telapak kaki yang mengeras. Pengorbanan yang tampak dari rapuhnya tubuhmu. Dan kini, akan monica mulai lagi pelajaran pertama tentang pengorbanan yang lama mama ajarkan pada monica.



Terima kasih untuk pengorbananmu, Ma.
Happy Mother's Day, for my lovely mom
I LOVE U MOM! ♥♥

0 komentar:

Post a Comment