Thursday, December 2, 2010

Biaya Hidup di Singapore

Wah, ingat postingan yang sebelumnya yang membahas tempat tinggal di Singapore, kali ini saya juga mau sedikit bahas tentang Singapore.
Iklim Sama dengan iklim di Indonesia, perbedaan Waktu + 1 jam dengan WIB.
Untuk biaya hidup perlu mempersiapkan dana sebesar S$1,000-S$1,500/bulan (sudah termasuk akomodasi, transportasi, makan, dan lain-lain).


Biaya Sekolah
Playgroup/Nursery/Kindergarten S$25/bulan (pemerintah).
Playgroup/Nursery/Kindergarten:S$80-S$600/bulan (swasta)
SD (Primary), SMP & SMA (Secondary): S$25-S$90/bulan (pemerintah)
SD (Primary), SMP & SMA (Secondary): S$600-S$1200/bulan (Swasta/International School)
Perguruan tinggi: sangat bervariasi mulai S$6,220-S$17,820/tahun


Akomodasi
1 Kamar di Apartemen HDB: S$250-S$400/bulan
1 Kamar di private Apartemen: S$300-S$500/bulan
1 Kamar di Kondominum: S$500-S$800/bulan
1 Unit di private Apartemen: mulai dari S$1,200/bulan
1 Unit di Komdominium: mulai dari S$1,300/bulan
1 Kamar Hotel: mulai dari S$80/hari
Homestay: mulai S$500-S$1,000/bulan.


Transportasi
Tarif bus: jarak terdekat 70 sen, terjauh S$1.80, Tarif MRT: jarak terdekat 70 sen, terjauh S$1.80, Tarif taksi: S$2.40 untuk 1 km pertama, rata-rata S$10 untuk 15 menit perjalanan atau jarak 8 km. Ada surcharge untuk waktu-waktu dan tempat tertentu.


Telepon dan Internet adalah Telepon dialokasikan ke setiap pusat perbelanjaan dan tempat-tempat umum lainnya serta dioperasikan dengan menggunakan kartu telepon. Biaya panggilan lokal dari telepon umum adalah 10 sen/menit. Di samping panggilan lokal, semua kartu telepon memberikan layanan hubungan langsung internasional dengan pengguna Trunk Dialling untuk panggilan ke Malaysia. Kartu telepon tersedia dalam beberapa unit satuan S$2, S$5, S$10, S$20 dan S$50 dan dapat diperoleh di kantor pos maupun di agen kartu telepon. Kartu panggil internasional juga tersedia di semua kantor pos, toko-toko, dan tempat lainnya.


Tinggal di Singapura
Lingkungan di Singapura
Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan tinggal di sana, karena pemerintah Singapura telah dan tetap melajukan tingkat kewaspadaannya untuk menjamin bahwa Singapura dalam keadaan aman. Hal tersebut menambah tingkat keamanan pada tempat hubungan yang utama dan tempat-tempat lain yang peka. Merokok tidak diperbolehkan di dalam kendaraan umum, musium, perpustakaan, lift, teater, rumah makan ber-AC, diskotik, karaoke, dan tempat hiburan malam.
Jaminan kesehatan
Sangat aman untuk meminum  air langsung dari kran di Singapura. Bagaimanapun, bagi mereka yang memilih air mineral di dalam botol, supermarket, dan penjual setempat selalu menyediakannya. Pemerintah Singapura sangat memperhatikan kesehatan warga negaranya. Merokok dilarang hampir di semua tempat-tempat umum kecuali di pub, diskotik, bar-karaoke dan tempat-tempat hiburan malam lainnya.


Makanan dan Belanja
Masyarakat di Singapura hidup untuk berbelanja dan Anda akan melihat buktinya dengan adanya banyak mal, toserba, dan toko di hampir seluruh kawasan masyarakat. Pada umumnya toko-toko buka sampai pukul 21.00-22.00, tujuh hari seminggu. Semua itu untuk memanjakan Anda untuk berbelanja dengan bebas dan menyenangkan.


Hiburan
Di Singapura, Anda akan mendapatkan hiburan yang beraneka ragam dan penuh semangat. Musik, teater, dan tariandapat Anda nikmati di sana. Anda juga dapat menonton pertunjukan balet diruangan terbuka atau alunan musik dari Singapura Simponi. Singapura mempunyai agenda kegiatan seni setiap tahunnya. Esplanade Teater yang berada di teluk akan menyambut Anda ketika Anda memasuki daerah Gedung Kesenian Pemerintahan Singapura. Selain itu, pameran seni dan kerajinan diselenggarakan setiap saat oleh Museum Peradaban Nasional, Museum Sejarah Nasional, Balai Kesenian Nasional, dan Museum Seni Singapura. Jika Anda senang berpetualang dan hiburan murni yang ada diluar lingkungan, pergilah ke Coast Park, Pulau Ubin, Sentosa, atau Downtown East. Berkemah di sana diizinkan di beberapa tempat yang diselenggarakan oleh beberapa panitia kemah, seperti Singapura Zoological Gardens dan Underwater World Singapore.



Persyaratan Mendapatkan Visa
Setiap siswa internasional yang ingin belajar full-time di Singapura, harus memperoleh Student's Pass dan Visa (bagi beberapa warga negara) dari ICA.
  1. Calon yang memerlukan Visa untuk masuk Singapura, pastikan permohonan untuk Student's Pass diserahkan ke ICA paling lambat dua bulan sebelum mulainya kursus/sekolah.
  2. Calon siswa sudah diterima di Lembaga Pendidikan Singapura yang diakui untuk mengikuti kursus/kuliah full-time.
  3. Permohonan memperoleh Student's Pass harus dimasukan paling lambat dua bulan sebelumnya dan tidak lebih dari enam bulan sebelum pendidikan dimulai.
  4. Waktu memproses yang normal kira-kira empat minggu, meskipun beberapa permohonan dapat memakan waktu lebih lama.

0 komentar:

Post a Comment