Monday, January 30, 2012

♥ Hamster dan Marmut alias Tikus Belanda (Guinea Pig) peliharaan si Billy ♥

Pulang ke rumah tercinta di Palembang, disambut hangat oleh hamster2 imut dan marmut kecil peliharaan Billy and Christine.....ckckckck......akhirnya, setelah dua kali pulang, baru tahun ini saya memberanikan diri memegang hamster-hamster yang mirip tikus ini. Bukan takut, tapi agak jijik aja, bodinya mirip banget dengan tikus. Tapi kalo liat tingkahnya itu, bikin senyum-senyum dan ketawa sendiri.
Ini beberapa peliharaan kesayangan mereka,








Lucu kan?? Namanya Pika, Tikus Belanda (nama Inggris: Guinea Pig), penasaran? berikut saya sisipkan sekilas tentang hewan imut ini.

Guinea pig atau tikus belanda yang biasa kita sebut sebagai marmut adalah salah satu hewan yang mirip dengan tikus dan hamster . Sebenarnya nama Indonesia yang benar itu adalah tikus belanda, namun sering salah disebut dengan marmut.

Meskipun bernama guinea pig , hewan ini tidak berasal dari jenis babi dan juga bukan berasal dari Guinea, namun mereka berasal dari Andes

Tikus belanda ini memainkan peran penting dalam kebudayaan dari adat di Amerika Selatan, terutama sebagai sumber makanan, sebagai obat obatan, bahkan juga dalam upacara keagamaan .

Dalam masyarakat barat, Tikus belanda ini termasuk hewan peliharaan yang populer karena keimutan, sifat jinak dan mudah tentang pakan.

Dalam bidang biologi , pada abad ke 17, mereka dijadikan sebagai "kelinci percobaan" namun sekarang telah diganti dengan tikus .

Sejarah

Tikus belanda ini sudah dipelihara sejak 5000 SM oleh suku suku di wilayah Andean di Amerika selatan . Dan juga sampai sekarang masih dijadikan makanan. (sekarang bagian selatan Kolombia, Ekuador, Peru, dan Bolivia) . Tikus ini digunakan sebagai sumber makanan dan juga sumber obat obatan oleh dokter pada saat itu

Sumber : Tentang guinea pig atau tikus belanda ( marmut ) | Dunia Hewan http://alam-hewan.blogspot.com/2011/05/tentang-guinea-pig-atau-tikus-belanda




Nich selesai dimandikan, jadi dikeringin dulu.



Nah, yang satu ini namanya Hamtaro, yang paling lama dipelihara, sebelumnya masih ada 1 lagi, tapi hilang entah kemana, mungkin dikejar-kejar kucing. Malangnya.



Yang satu ini namanya Caka, lagi dikandangin, jarang dikeluarkan. Abiznya terlalu gesit, suka gigit orang, tapi lucu, suka sama warnanya yang putih dengan pola hitamnya itu.




Yang ini su Hummy, paling gesit, suka kesana kemari. Lucu!



Yang ini si Hamtaro lagi di kandangnya, yang paling lama. Paling hobbi main sampe kakinya yang satu putus, tapi tetap aja ga kapok. Hhahaha...bandel



Ini si Pika lagi dikandangnya, paling pendiam, penurut. Si marmur, alias tikus Belanda yang tadi sempat saya bahas sedikit di awal. Baru bergerak kalo dengar suara kresek-kresek kayak plastik gitu. 
Yang ini paling keren, paling  besar, dan paling pendiam. Suka banget sama bulunya itu, spike!
hhahaha.....MANTAP

3 comments:

  1. Piara tikus ko ga takut sih?

    ReplyDelete
  2. hamster & guinea pig is not a shrew rat(cencurut)

    ReplyDelete