Monday, March 4, 2013

Tidak Ada yang Dapat Menghambat Orang ini

Saya menyukai buku Chicken Soup for The Soul :). Saya terkadang menyempatkan waktu untuk membaca beberapa cerita yang disuguhkan didalamnya untuk membangkitkan inspirasi, semangat, dan memotivasi saya dalam kehidupan sehari-hari saya. Begitu pula hari ini, saya menemukan sebuah bacaan mengenai seorang atlet pelari, Glenn Cunningham. Lalu saya mencoba googling dengan key word "Glenn Cunningham" dan ternyata banyak artikel yang mengungkapkan kisah hidupnya dan memberi inspirasi pada beberapa blog lainnya. Beberapa diantaranya adalah diceritakan ulang oleh Joseph Heryawan dari blognya Gudangnya Cerita "Glenn Cunningham: Never Lose Your Dream", The Beloved Son dari blognya My Side Blog-The Beloved Son-Only for Christian "Glenn Cunningham: Never Quit", Zaffara dalam "Virus untuk Indonesia", dan blog lainnya berjudul "Belajar dari Glenn Cunningham". Menarik bukan?? Saya senang, meski mungkin artikel mengenainya sudah lama tersebar, namun mungkin tidak sedikit diluar sana yang masih belum mengetahui semangat pantang menyerahnya yang dapat memberi kita motivasi untuk terus berjuang dalam hidup ini. Dalam salah satu blog tersebut saya menemukan kata yang diungkapkan oleh Glenn Cunningham, "saya lebih baik mati daripada saya hidup biasa-biasa saja". WOW!! Bukankah itu sungguh baik?! Satu kalimat yang terlintas dalam benak saya, "apapun itu, lakukanlah yang terbaik yang mampu saya lakukan, maka hidup saya tidak akan pernah menjadi biasa-biasa saja" :)

Penasaran tentang Glenn? ^^


Ketika berumur lima tahun, Glenn Cunningham mengalami luka bakar yang parah di bagian tungkainya. Para dokter yang merawat terpaksa angkat tangan. Menurut mereka, Glenn akan tetap cacat dan terpaksa menggunakan kursi seumur hidupnya. "Ia takkan bisa berjalan lagi," kata mereka.

Para dokter itu memang memeriksa keadaan tungkainya, namun tidak mungkin mereka bisa melihat ke dalam lubuk hatinya. Glenn tidak memedulikan kata-kata mereka. Ia bertekad pasti akan bisa berjalan lagi. Sementara masih terkapar di tempat tidur, dengan kakinya yang kurus dan tampak merah bekas luka bakar, ia berikrar, "Minggu depan, aku akan bangun dari tempat tidur. Aku akan berjalan." Dan itu benar-benar dilakukannya.

Ibunya bercerita betapa ia sering menyingkapkan tirai dan memandang ke luar, memperhatikan Glenn meraihkan tangan ke atas untuk menggenggam gagang sebuah alat pembajak tanah yang sudah tidak dipakai lagi. Di pekarangan, dengan kedua tangannya menggenggam gagang bajak, ia mulai melatih kakinya yang cacat. Dan setiap langkah yang menyakitkan, semakin dekat pula dia ke tujuan yang telah diikrarkannya, yaitu bisa berjalan lagi. Tidak lama kemudian ia sudah mulai berlari-lari dengan lambat, makin lama makin cepat dengan gerakan semakin pasti.

"Aku sejak awal sudah yakin akan bisa berjalan lagi, dan ternyata memang bisa. Sekarang aku akan berlari lebih cepat daripada siapapun." Dan itupun berhasil dilakukannya.

Ia menjadi pelari yang tangguh untuk jarak satu mil, dan pada tahun 1936 mencatat prestasi 4:06 menit yang merupakan rekor dunia untuk waktu itu. Ia menerima penghormatan sebagai atlet luar biasa abad ini di Madison Square Garden.
(source: A Cup of The Chicken Soup for The Soul by Jeff Yalden)

kakinya yang cacat, ukuran kedua kakinya tidak seimbang/sama satu sama lain.

Lihat?? Menarik bukan? Tentu saja! ^^ Seorang yang telah di vonis oleh dokter bahwa ia tidak akan bisa berjalan lagi, sebaliknya ia membuktikan bahwa ia bisa berjalan, bahkan berlari mengalahkan pelari normal lainnya. Begitu heran kerja Tuhan yang mempesonakan bagi kita semua.
Bagaimana dengan Anda sendiri? Mungkin kita pernah divonis oleh orang lain akan sesuatu hal yang tidak mengenakkan bagi kita. Abaikan itu. Tuhan punya rencana bagi kita. Ketika kita punya iman dan senantias mengandalkan Tuhan, tidak ada yang mustahil yang dapat kita kerjakan di dalam Yesus :)
Kau mungkin saja kecewa jika percobaanmu gagal, tetapi kau pasti takkan berhasil jika tidak mencoba (Beverly Sills)

1 comment:

  1. artikel bagus saya suka dengan artikel ini, apa kabar Gan?
    setuju tdk ada yg bisa menghambat orang lain untuk berprestasi...
    mantap dan freesh

    ReplyDelete