Friday, April 9, 2010

Memulai Blogging: Mulai dari Menentukan Tujuan Ngeblog

Ok. Sekarang anda telah membaca berbagai “informasi dasar” mengenai blogging. Mulai dari definisi blog hingga cerita nyata bagaimana sebuah kegiatan bernama blogging memberikan banyak hal kepada orang yang melakukannya :)
Kebanyakan, orang tergerak untuk ngeblog setelah terinspirasi melihat blog lainnya. Saya pribadi memulai blogging karena terpesona dengan blook (buku yang diangkat dari blog) Kambing Jantan oleh Raditya Dika.
Blog pertama saya saya udarakan di akhir 2007 menggunakan platform wordpress.com. Kala itu gaya menulis saya sangat Raditya Dika sekali: Hiperbolis. Sayangnya gaya penulisan saya hiperbolis kekanak-kanakkan dan tidak karuan, sedikit berbeda dengan Radhit yang hiperbolis namun menghibur :D
Waktu berjalan hingga akhirnya saya menyadari bahwa apa yang saya tulis di blog dibaca oleh semua orang dan menciptakan persepsi orang lain atas diri saya. Maka dari itu, saya berhenti ngeblog dengan tema yang tidak jelas. Saya mulai membuat blog yang lebih ‘mature’ dengan domain .com menggunakan engine wordpress.org.
Get it? Jadi jika sekarang anda sudah benar-benar sangat terinspirasi untuk mulai menciptakan blog anda, pikirkan baik-baik hal ini:

Untuk apa anda ngeblog? Apa tujuan anda membuat blog?

Ada banyak kemungkinan jawaban dari pertanyaan ini: Mulai dari
“sekedar berbagi”, untuk mendapatkan penghasilan tambahan, hingga untuk menciptakan online representative anda di ranah internet. Apapun itu, anda perlu mempertimbangkannya baik-baik karena:
  1. Blog anda akan dapat dilihat oleh semua orang
  2. Menentukan tujuan dari blog anda akan memudahkan anda pada proses selanjutnya seperti memilih nama domain, memilih platform blog, dll.
Saran saya dalam menentukan tujuan blog anda: Jadilah diri sendiri. Saat memutuskan untuk apa ngeblog, anda tdak perlu menjadikan orang lain sebagai alasan keputusan anda. Tidak masalah anda hanya ingin sekedar melepaskan stress dengan menulis blog sementara orang-orang serius membuat blog untuk mendapatkan penghasilan. Setiap orang memiliki kondisi dan kebutuhan berbeda. Jadilah diri sendiri.
Untuk anda rekan-rekan yang sudah ngeblog, mungkin bisa membantu rekan-rekan yang baru akan membuat blog dengan berbagi apa tujuan anda ngeblog melalui form komentar di bawah :)
Enjoy! :D

0 komentar:

Post a Comment