Saturday, October 23, 2010

Aftershock (2010)

Tangshan, 28 Juli 1976
Malam itu, Li Yuanni ( Xu Fan) dan suaminya, pergi bekerja seperti biasa. Sedangkan kedua anak kembar mereka yang baru berusia 7 tahun, Fan Da dan Fan Deng, tidur di rumah dengan nyenyak.
Aftershock
Lalu terjadilah, gempa terdasyat yang pernah melanda China. Dalam beberapa detik, seluruh kota hancur dan banyak gedung – gedung yang rata dengan tanah. Tidak terkecuali tempat tinggal Li Yuanni dan keluarganya.
Aftershock
Dalam keadaan panik, Li Yuanni pun berusaha mencari kedua anaknya, diantara tumpukan puing – puing. Salah satu anggota regu penyelamat pun memberitahukan bahwa kedua anaknya masih hidup. Namun sayang, karena keduanya berada di bawah tumpukan puing yang sama, maka resikonya salah satu harus menjadi korban agar yang satunya bisa bertahan hidup.
Li Yuanni yang terdesak dan tidak tahu harus berbuat apa, terpaksa memilih menyelamatkan putranya, Fan Da. Yang mereka tidak ketahui, Fan Deng mendengar seluruh percakapan antara ibunya dan regu penyelamat.
Bersama korban – korban lainnya, Li Yuanni pun membawa putranya untuk diobati. Fan Deng yang dikira sudah meninggal, beberapa hari kemudian dikeluarkan dari puing, dan ajaibnya masih hidup dan tidak mengalami luka berarti.
Aftershock
Seorang anggota regu penyelamat, membawa Fan Deng ke markasnya untuk diobati dan dicarikan keluarganya. Waktu berlalu, dan Fan Deng pun kemudian diadopsi oleh sepasang suami istri yang tidak mempunyai keturunan. Dilimpahi dengan kasih sayang, membuat Fan Deng ( Zhang Jing Chu) perlahan – lahan bersikap lebih terbuka kepada kedua orang tua angkatnya, walaupun tidak pernah mengungkapkan masa lalunya kepada siapapun. Jauh di dalam hatinya, Fan Deng menyimpan sakit hati karena pilihan ibunya, dan menolak mengakui jati dirinya.
Aftershock
Setelah mempunyai anak, Fan Deng pindah ke Amerika dan hidup tenang disana. Pada saat gempa tahun 2008 menimpa Sichuan dan menewaskan lebih dari 80.000 orang, Fan Deng pun kembali ke negara asalnya dan terjun sebagai relawan. Melihat langsung gempa di Sichuan dan ikut terlibat menjadi relawan, membuat Fan Deng belajar melihat kejadian tersebut dari kacamata yang berbeda. Dia melihat bagaimana seorang ibu terpaksa merelakan tangan anaknya, agar anaknya bisa terus hidup.
Aftershock
Di saat yang sama, Fan Deng juga bertemu dengan Fan Da ( Zhang Guo Qiang), kembarannya yang sudah berpisah selama 32 tahun. Fan Da membawanya bertemu dengan ibu kandung mereka, Li Yuanni. Fan Deng tidak menyangka bahwa selama puluhan tahun, Li Yuanni selalu memendam perasaan bersalah dan tidak pernah melupakan dirinya. Pertemuan yang mengharukan ini, menyadarkan Fan Deng bahwa dia sanggup memaafkan ibunya dan mau melepaskan sakit hati yang terus mengikatnya selama ini.


Film ini membuat saya terharu karena perjuangan hidup yang mereka lakukan dan setiap makna yang tersirat didalamnya sanggup membuat para penontonnya terdiam dalam air mata.
AftershockAftershock
Aftershock ( Tang Shan Da Di Zhen) :
Sutradara : Feng Xiaogang
Pemeran : Fan Xu, Chen Dao-ming, Zhang Jingchu, Zhang Guo Qiang, Lu Yi.
Durasi : 135 menit.

0 komentar:

Post a Comment