Friday, June 3, 2011

Kata-kata Sederhana

Bunga yang segar merupakan sesuatu yang indah. Aku mempunyai kebiasaan memetik mawar dan memberikan sebuket atau setangkai bunga berbentuk sempurna kepada salah seorang tetangga, teman, atau kerabat.

Pada suatu pagi aku memetik sekuntum mawar bertangkai panjang yang indah dan wangi untukku sendiri. Sementara aku sedang berpikir tentang betapa menyenangkan mawar itu bagiku untuk dinikmati, ada suara tenang dan lembut di luar diriku yang mengatakan, Berikan kepada temanmu.

Aku langsung masuk ke rumah dan menata kuntum mawar itu dalam sebuah vas. Lalu aku menuliskan pesan sesingkat mungkin ... Untuk temanku. Aku menyebrang jalan ke rumah tetangga yang merupakan salah seorang sahabat karibku, dan meletakkan karangan bunga itu di depan pintu rumahnya.

Siangnya sahabatku itu menelepon untuk mengucapkan terima kasih. Katanya, karangan bunga itu benar-benar merupakan karunia. Larut malam sebelumnya ia bertengkar dengan salah seorang anaknya. Para remaja kadang-kadang bisa kejam, tidak memedulikan perasaan orang lain. Anak itu berkata kepadanya, "Ibu tidak akan punya teman."

Jadi, tetanggaku itu benar-benar terkejut dan sekaligus merasa bahagia ketika hendak pergi bekerja pagi itu dan menemukan bukan saja karunia berupa bunga indah, tetapi yang paling utama adalah secarik kertas kecil dengan pesan sederhana yang berbunyi, "Untuk temanku".

Roberta Tremblay
A Cup of Chicken Soup for the Soul

1 comment:

  1. hal yang sederhana mungkin berarti besar buat orang lain. jadi, kenapa kita ga melakukan hal lebih dari sekedar sederhana? :)

    ReplyDelete